Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Daftar Bansos PKH Secara Online 2020

Pemerintah melalui Kementerian Sosial terus menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat miskin melalui Data Kesejahteraan Sosial Terpadu Kementerian Sosial (DTKS). Bantuan ini diharapkan dapat menjadi dukungan selama masa pandemi.

Penerima manfaat yang diambil melalui DTKS Kementerian Sosial akan menerima bantuan sebesar Rs 200.000 per bulan atau Rs 600.000 untuk setiap tiga bulan. Bantuan disalurkan langsung kepada penerima dan tidak dapat diwakilkan.

Mengutip situs resmi Kementerian Sosial, untuk masuk dalam daftar DTKS, masyarakat bisa mendaftar di desa atau kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK. Nantinya, perangkat Desa/Kelurahan akan melakukan musyawarah apakah bisa atau tidak.

Situs Kementerian Sosial, Jakarta, Selasa (18/1) menyebutkan, "data akan dikirim melalui sistem untuk diproses oleh dinas sosial".

Setelah proses dilakukan, penerima program bansos PKH dapat mendaftar ke DTKS Kemensos secara online melalui handphone untuk tahap selanjutnya. Setelah tahap terakhir dilakukan, akan diketahui apakah pemberi bantuan berhak menjadi penerima.

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP


Adapun syarat dan cara mendaftar PKH online adalah sebagai berikut:

1. Siapkan HP, KTP, dan KK
2. Download Aplikasi Cek Bansos di Play Store
3. Buka Aplikasi dan pilih menu Daftar Usulan untuk masyarakat yang sudah terdata DTKS Kemensos sebagai daftar penerima PKH 2022
4. Pilih Tambah Usulan dan sistem akan melakukan pencocokan nama, NIK, KK, dan status di Dukcapil
5. Klik bansos BPNT/Kartu Sembako
Terakhir, tunggu konfirmasi lolos menjadi penerima bantuan DTKS Kemensos atau tidak.